Posted in artikel kesehatan

Manfaat Jengkol Dan Petai Dan Efek Sampingnya

MANFAAT JENGKOL DAN PETAI DAN EFEK SAMPINGNYA

Selamat datang di situs remi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia.

index2

Apa manfaat petai dan manfaat jengkol? ketahui juga efek samping jika berlebihan mengkonsumsinya. Petai dan jengkol merupakan jenis makanan yang hampir sama karena memiliki bau tak sedap pada saat mengkonsumsinya, tetapi kedua jenis tumbuhan ini memiliki bentuk yang berbeda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai manfaat jengkol dan petai dan efek sampingnya  bagi tubuh kita. Berikut informasinya.

#JENGKOL

Siapa sih yang tidak tahu jengkol. Buah ini merupakan buah yang memiliki nama latin pithecollobium labatum dan terkenal dengan aroma yang khas. Banyak orang yang tidak menyukai makanan ini. Namun banyak juga yang begitu tergila-gila dengan makanan ini. Di indonesia makanan jengkol telah banyak diminati. Sehingga tidak heran jika jengkol telah dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan macam makanan. Mulai dari balado jengkol yang melegenda, kerupuk hingga kripik setan berbahan jengkol. Banyak orang yang belum mengetahui kandungan jengkol. Kandungan jengkol tersebut dipercaya memiliki beberapa khasiat yang bisa dimanfaatkan sebagai beberapa solusi dari masalah kesehatan. Manfaat jengkol yang baik untuk kesehatan bisa anda ketahui saat ini juga.

index

Kandungan yang terdapat dalam Jengkol

Manfaat jengkol diperoleh tubuh manusia dikarenakan jengkol memiliki nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Dalam buah jengkol terdapat kandungan vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam buah jengkol antara lain adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2,vitamin B12 dan vitamin C. Tidak hanya itu dalam jengkol terdapat senyawa kimia yang alami yang memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh saat di konsumsi secara teratur. Selain nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh diatas, jengkol juga memiliki beberapa nutrisi yang penting juga bagi kesehatan tubuh, antara lain zat besi, kalsium dan fosfor.

Manfaat Jengkol

  1. Dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi jengkol fruktosa yang terdapat pada aliran darah dalam tubuh dapat terurai dengan baik. Dengan demikian di dalam tubuh anda tidak akan terjadi penimbunan gula yang berlebih.
  2. Dapat mengatasi penyakit jantung koroner. Penyempitan pembuluh darah yang terjadi mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol berkhasiat untuk penyakit tersebut. Jengkol yang di olah dengan tingkat kematangan sedang / tidak overcook, kandungan mineralnya akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.
  3. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Salah satu kandungan jengkol yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah kalsium. Dimana kalsium ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena manfaat jengkol pada ibu hamil adalah kalsium yang terkandung dalam jengkol akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi sang janin selama dalam masa kandungan. Dengan demikian kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil akan terpenuhi.
  4. Melancarkan Sembelit.

Efek Samping Jengkol

Walaupun mengkonsumsi jengkol ada manfaatnya bagi kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita. Efek samping mengkonsumsi jengkol berlebihan, diantaranya yaitu:

  1. Jika mengkonsumsi jengkol berlebihan dapat menyebabkan susah buang air kecil dan disertai rasa nyeri. Untuk mengatasinya, sangat disarankan untuk minum air putih yang banyak.
  2. Mengkonsumsi jengkol sudah pasti akan menyebabkan bau mulut, karena bau khasnya yang dapat menyebabkan bau mulut dan bau pada saat buang air kecil.

Baca Juga : Macam-macam penyakit yang disebabkan dari radiasi handphone

#PETAI

Petai atau pete biasa dinikmati sebagai lalapan, sambal, atau pelengkap masakan, karena rasanya memang enak. Sayangnya, dibalik rasanya yang nikmat, pete memiliki bau khas yang membuat sebagian orang menghindarinya. Bagaimana tidak, mengonsumsi pete tidak hanya membuat nafas jadi bau, tapi bau kencing juga jauh lebih menyengat. Meskipun pete dianggap tidak terlalu penting bagi sebagian orang, namun didalamnya terdapat banyak manfaat untuk kesehatan.

petai

  • Kandungan Gizi Pada Petai

Jangan remehkan pete, karena didalamnya mengandung banyak gizi, antara lain : protein, karbohidrat, forfor, vitamin A, Vitamin C, serat, zat besi, kalium, dan gula alami (sukrosa, fruktosa dan glukosa)

  • Manfaat Petai

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan dari petai bagi kesehatan tubuh :

1. Meredakan depresi

Kelebihan pertama dari petai adalah, manfaat pete mampu meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Ternyata, kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai merupakan faktor yang menyebabkan redanya depresi pada seseorang. Berikut ini adalah efek dari tryptophan yang terkandung pada pede :

  • Membuat tubuh menjadi lebih rileks
  • Dapat memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang
  • Membuat tubuh terasa lebih bahagia

2. Dapat mengatasi gangguan PMS

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya dapat membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi pete ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, pete juga mengandung Vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang

3. Mencegah terjadinya anemia

Biji atau buah petai sendiri ternyata sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi tinggi yang terkandung dalam buah pete ini. Anemia sendiri dapat berakibat :

  • 5 L (letih, lemah, lesu, lunglai, lemas)
  • Tubuh terasa tidak bertenaga
  • Mudah terserang penyakit ringan
  • Mudah pusing dan mual-mual
  • Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal

4.Menurunkan tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, yang dapat berakibat :

  • Mudah marah dan cepat marah
  • Meningkatkan resiko terserang penyakit kronis, seperti jantung
  • Mudah lelah

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Bagaimana ceritanya buah atau biji petai ini dapa meningkatkan kemampuan kognitif? Ternyata buah petai ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif tersebut meliputi banyak hal, antara lain :

  • Kemampuan mengingat
  • Kemampuan melakukan rekognisi pola
  • Kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera

Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, dimana para siswa yang mengkonsumsi pete pada saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

6. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Manfaat pete saat dikonsumsi ini, memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. pete ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

7. Menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk

Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Berikut ini cara mengurangi dan menghilangkan rasa gatal dengan menggunakan kulit petai :

  • Ambil bagian dalam dari kulit petai
  • Gosok-gosokan bagian dalam kulit petai tersebut pada daerah kulit yang gatal karena digigit nyamuk.

8. Mencegah terjadinya kegemukan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, manfaat pete juga dapat mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi pete, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

9. Baik untuk kesehatan lambung

Buah atau biji petai ini ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Malahan buah atau biji petai ini sangat baik bagi lambung, karena:

  • Dapat menetralisir asam lambung
  • Mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung
  • Mencegah terjadinya infeksi pada lambung

10. Dapat menurunkan suhu tubuh

Manfaat pete dipercaya sebagai buah atau biji yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan istilah buah dingin, yang akan menurunkan suhu tubuh

  • Efek Samping Petai

Efek samping mengkonsumsi petai berlebihan, diantaranya yaitu :

  1. Kandungan asam aminonya yang tinggi dapat mengganggu kesehatan ginjal, maka tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal untuk mengkonsumsi petai.
  2. Meningkatnya asam urat dan reumatik.
  3. Mengakibatkan pusing/sakit kepala
  4. Bau mulut

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat jengkol dan petai dan efek sampingnya, semoga artikel yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih Telah Membaca..

Kunjungi terus situs https://carapemesanangreenworldnutrimax.wordpress.com/ untuk update mengenai info kesehatan lainnya.

MANFAAT JENGKOL DAN PETAI DAN EFEK SAMPINGNYA

 

Advertisements

2 thoughts on “Manfaat Jengkol Dan Petai Dan Efek Sampingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s