Posted in artikel kesehatan

Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik

Tubuh tak bisa dibohongi bila kurang tidur. Kurang tidur bisa berakibat fatal, maka itu penting untuk mengetahui Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik

Selamat datang kembali di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri, dengan sistem pelayanan “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik

Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik

Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik — Tidur menjadi salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk mengembalikan energinya sehingga siap beraktivitas keesokan harinya. Namun karena kesibukan yang dijalani serta segudang aktivitas lainnya membuat seseorang sulit mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berujung pada masalah kesehatan.

Kadang kala kita cenderung untuk mengabaikan tanda-tanda kurang tidur yang sederhana dimana sering ditunjukan oleh tubuh kita. Sakit kepala, menguap dan mata berair adalah gejala kurang yang terlihat. Kurang tidur memiliki konsekuensi serius pada kesehatan tubuh.

Apa yang menjadi alasan kurangnya tidur? Apakah anda merasakan tekanan di tempat kerja, apakah mengalami sesuatu yang menyebabkan stres di rumah, apakah anda mempunyai penyakit yang terkait dengan bebrapa penyakit gastrointestinal atau neurologis?? Cermatilah dan diagnosa kondisi anda, karena ini akan dapat menganggu tidur anda. Tidak tidur adalah hal yang normal, tapi ini akan menyebabkan resiko serius bagi kesehatan, jika kita gagal untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap hari.

Hal utama yang wajib dipahami adalah mendapatkan waktu tidur minimal 7-8 jam per hari. Namun, banyak orang dewasa hanya mendapatkan 5-6 jam atau bahkan keurang setiap hari. Ini dapat disebabkan karena gagngguan tidur atau gaya hidup yang sibuk. Karena kondisi ini, tubuh kita menjadi melemah.

Tubuh kita butuh istirahat dan waktu untuk memperbaiki jaringan pada tubuh. Kebanyakan orang mengabaikan gejala kurang tidur. Dalam otak kita, korteks serebral tetap sibuk, mengawasi berbagai tugas yang membuat kita siap untuk hari berikutnya.

Tanda-Tanda Kurang Tidur

  • Lapar Sepanjang Waktu

Jika memiliki favorit makanan cepat saji dan terus ingin mengonsumsinya sepanjang hari, maka ada kemungkinan Anda kurang tidur. Sebuah studi dlaam Journal of Sleep Research menunjukkan bahwa kurang tidur berhubungan dengan aktivasi sistem stres yang menyebabkan rasa lapar dan perubahan hormonal, sehingga mengakibatkan meningkatnya konsumsi makanan favorit.

  • Berat Badan Bertambah

Jika berat badan bertambah tanpa sebab, maka periksa waktu tidur Anda. Karena, kurang tidur akan meningkatkan hormon ghrelin yang mendorong rasa lapar. Jika Anda makan untuk memuaskan selera dan tidak membakar kalori setelahnya, maka akan menjadi mudah gemuk.

  • Sering Bangun Untuk Ke Toilet

Mereka yang hamil atau mengalami pembesaran prostat cenderung buang air kecil lebih sering sepanjang malam. Hal ini menyebabkan bangun setiap saat yang berakibat Anda kurang tidur.

  • Tidur Menjelang Pagi

Jika sulit tidur akibat stres yang membuat terjaga sepanjang malam, maka ada kemungkinan akan tertidur menjelang pagi. Hal ini sering terjadi pada seseorang yang stres terhadap pekerjaan.

  • BangunTerlalu Pagi

Salah satu alasan seseorang terbangun terlalu pagi adalah ritme sirkadian yang buruk. Hal ini terjadi sebagian besar karena insomnia terkait usia, di mana waktu tidur malam terpecah-pecah. Akibatnya, Anda bangun di pagi dengan rasa yang sangat lelah.

  • Produktivitas Mencapai Titik Rendah

Mengerjakan hasil presentasi semalaman mungkin tidak berjalan maksimal keesokan harinya. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur di malam hari mempengaruhi fungsi kognitif seseorang dan mengganggu konsentrasi. Bahkan, kurang tidur juga meningkatkan risiko kecelakaan saat perjalanan ke kantor.

  • Mulut Kering

Seringkali seseorang yang menderita Obstructive Sleep Apnea (OSA) bangun tidur dengan mulut kering, karena tidak mendapatkan cukup udara untuk bernapas.

  • Sakit Kepala Saat Bangun

Sakit kepala di pagi hari juga bisa menjadi tanda kurang tidur. Menderita gangguan tidur juga bisa menjadi alasan untuk sakit kepala.

  • Mudah Marah

Tidur dapat mempengaruhi kondisi emosional seseorang. Mengurangi kuantitas dan kualitas tidur dapat meningkatkan agresi yang artinya seseorang lebih mudah marah.

  • Menggangu kehidupan seks

Jika Anda kurang tidur, maka sulit menjadi pasangan kebahagian di tempat tidur, terutama untuk pria. Pada pria, perubahan hormonal pada testosteron akibat kurang tidur berdampak buruk terhadap kehidupan seksual. Karena, kurang tidur mengurangi kadar testosteron pada pria yang menyebabkan disfungsi seksual.

Akibat Kurang Tidur

  1. Depresi – Adalh gangguan yang kerap dialami pada orang yang tidak tidur dengan baik.
  2. kurang tidur akan mengurangi kewaspadaan mental. Seiring waktu dapat menyebabkan insomnia.
  3. Mengantung juga dianggap sebagai faktor utama dalam bencana kecelakaan dalam mengemudi terbesar yang ditemui di seluruh dunia.
  4. Kurang tidur sangat erat kaitannya dengan peningkatan resiko penyakit Alzheimer dan diabetes.
  5. Kurang tidur cenderung untuk merangsang nafsu makan seseorang dan membuatnya menginginkan makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat.

Cara Tidur Yang Baik

  • Miring ke kanan – posisi miring ke kanan sangat di anjurkan oleh dokter terkecuali ibu hamil harus miring ke kiri karena posisi ini akan memberikan keleluasan bagi jantung dan aliran darah ketika tidur tidak terganggu.
  • Selalu tidur dan bangun pada waktu yang tepat – Seperti yang sudah d bahas di atas tidur orang dewasa rata-rata adalah 8 jam jika anda kurang atau lebih akan berdampak pada kesehatan, memang dampaknya tidak langsung terasa namun di kemudian hari dampak itu akan muncul.
  • Gunakan kasur dan bantal yang nyaman – mengapa demikian? Sebab kasur yang nyaman akan mempercepat proses tidur itu sendiri berbeda dengan kasur yang tidak nyaman justru akan mengganggu tidur anda alih-alih anda tidur justru bisa terkena insomnia.
  • Mematikan lampu – Berdasarkan survei yang di lakukan departemen kesehatan di amerika dari 1000 orang laki-laki dan perempuan mereka di suruh tidur di kamar yang terang dan di hari berikutnya tidur di kamar yg gelap. Dari hasil studi tersebut 95% orang mengatakan tidur diruangan yang gelap ketika bangun pagi mereka merasakan tubuhnya lebih segar dan tidurnyapun puas.
  • Hindari begadang – begadang kalo tidak perlu sebaiknya jangan di lakukan. Khusus pria biasanya mereka begadang karena menonoton acara pertandingan sepak bola anda bisa mengakalinya dengan tidur ketika sore dan bangun ketika acaranya akan dimulai. Ini untuk menghindari tubuh lemas akibat kurang istirahat.
  • Mengatur suhu ruangan yang tepat – Suhu kamar yang terlalu panas justru akan mengganggu tidur anda begitu pula jika terlalu dingin, anda harus lebih memperhatikan temperatur suhu di ruangan tersebut. Sebagai solusinya gunakanlah AC yg otomatis bisa mengatur suhu. Sekarang ini banyak sekali produk AC yang bisa melakukan hal Tersebut.

Sudah tidak bisa dipungkiri tidur sangat di butuhkan semua orang dan sudah menjadi kebutuhan pokok selain makan, baik anak-anak remaja dewasa atau lansia mereka semua membutuhkan tidur hanya saja semakin bertambah umur seseorang semakin berkurang juga tidurnya, sekian artikel tentang Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik. Semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs https://carapemesanangreenworldnutrimax.wordpress.com untuk update informasi kesehatan lainnya.

Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik

Advertisements

One thought on “Tanda Kurang Tidur Dan Cara Tidur Yang Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s