Posted in Kesehatan

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Menjaga kadar gula darah agar sesuai yang direkomendasikan oleh dokter memang merupakan hal yang tak mudah. Pasalnya banyak hal yang membuat kadar gula darah berubah secara tiba-tiba. Dibawah ini kami berikan beberapa Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Tapi sebelumnya kami ucapakan selamat datang kembali di halaman Green World Nutrimax Original yang tak lain merupakan salah satu situs Alfian Herbal, agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal yang pembuatannya tanpa menggunakan bahan kimia sedikitpun. Nikmati kenyamanan dan kepuasan berbelanja online di tempat kami dengan medapatkan layanan ‘Barang Sampai Baru Bayar‘ untuk setiap pembelian minimal 2 botol. Kami juga memberikan Garansi Uang Kembali Jika Pesanan Tidak Sampai.
Seperti yang telah disinggung diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal. Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

cara-menjaga-kadar-gula-darah-agar-selalu-normal

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal — Diabetes adalah sebuah penaykit yang disebabkan terlalu tinggi atau rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penyebab penyakit diabetes melitus antara lain adalah sel pankreas yang tak dapat bekerja dengan baik sehingga kadar gula darah tak bisa terkendali dengan alami. Padahal pankreas merupakan penghasil insulin yang brguna untuk mengendalikan kadar gula di dalam tubuh. Faktor berikutnya yang menjadi penyebab diabetes adalah keturunan atau gen.

Berdasarkan penelitian, penyakit yang satu ini belum ada obatnya dan tak dapat disembuhkan. Akan tetapi diabetes melitus dapat dikontrol dengan mengendalikan kadar gula darah tetap stabil. Bagaimana caranya? Mengatur pola makan tentu saja menempuh upaya medis (suntik insulin). Perlu diketahui bahwa kadar gula darah normal yaitu 140 mg/dl.

Kadar Gula Darah yang Normal

  1. Kadar gula darah normal sebelum makan berkisar antara 70/130 mg/dl.
  2. Kadar gula darah normal setelah puasa kurang lebih 8 jam adalah <100 mg/dl.
  3. Kadar gula darah normal setelah makan 2 jam < 180 mg/dl.
  4. Kadar gula darah normal jelang tidur berkisar antara 100-140 mg/dl.

Tanda Kekurangan Kadar Gula Darah (Hipoglikemia) :

  1. Badan lemas
  2. Kulit tampak pucat
  3. Cepat lelah
  4. Kelaparan
  5. Cemas atau gelisah
  6. Mudah marah
  7. Berkeringat
  8. Jantung berdebar-debar
  9. Kejang-kejang saat tidur
  10. Susah konsentrasi
  11. Kesemutan sekitar mulut
  12. Tidak dapat berdiri
  13. Tak dapat berjalan

Tanda Kelebihan Kadar Gula Darah (Hiperglikemia) :

  1. Badan lemas
  2. Sering buang air kecil
  3. Gelisah
  4. Nafsu makan naik
  5. Bobot tubuh turun drastis
  6. Sering mengalami infeksi pada gigi
  7. Kulit kering merah, terkadang terasa panas
  8. Penglihatan tampak buram
  9. Cepat merasa haus.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah

  • Konsumsi Makanan Yang Tepat

Mengkonsumsi makanan sehat adalah landasan hidup sehat, baik bagi penderita diabetes ataupun tidak. Bukan berarti anda harus menghindari mengkonsumsi karbohidrat atau gula ketika mencoba untuk menjaga gula darah kembali normal. Hanya saja, anda perlu asupan yang seimbang dari protein atau lemak.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah upayakan untuk mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan.  Semua makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat dapat membantu menstabilkan gula darah, terutama ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat atau gula seperti kentang, buah atau biji-bijian. Hal ini mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, membantu mengontrol nafsu makan, dan juga berperan dalam proses metabolisme dan pencernaan.

Tidak kalah penting, minum cukup air. Pasalnya air selain mencegah dehidrasi mampu membantu ginjal menghalau risiko kelebihan gula darah melalui urin.

  • Olahraga Teratur

Sudah tidak diragukan lagi jika olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga jangka pendek membantu sel-sel diotot anda mengambil lebih banyak glukosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga mempu menurunkan gula darah. Sedangkan olahraga jangka panjang akan membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan membantu mencegah resistensi.

Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sampai 60 menit dalam sehari selama 3 kali seminggu seperti berlari, bersepeda, berenang, atau hanya sekedar jalan santai. Lakukan olahraga yang anda sukai yang memungkinkan anda bergerak.

  • Kendalikan Stres

Stres yang berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat akibat peningkatan pelepasan kortisol alias hormon stres. Stres memicu siklus hormonal bagi banyak orang. Akibatnya tidak hanya membuat gula darah meningkat, namun juga cenderung membuat keinginan untuk terus terlebih makanan manis.

Penelitian telah menemukan bahwa penghilang stres alami adalah olahraga, yoga, meditasi dan menggunakan minyak esesnsial (seperti lavender, mawar dan kemenyan) yang bisa membantu penderita diabetes dan orang-orang dengan resistensi insulin bisa lebih rileks. Cara lainnya untuk menghilangkan stres adalah dengan mengahbiskan lebih banyak waktu di luar rumah, seprti bertemu dengan teman, sahabat, ataupun pasangan yang membuat susanan hati menjadi lebih baik.

  • Istirahat yang cukup

Beristirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan hal ini merupakan kebiasaan sehat yang mampu mengelola kadar hormon. Sebuah penelitian menunjukkan ketika ritme sirkadian (penentu jam biologis tubuh alami) terganggu, maka akan memicu gula darah tinggi atau meningkatkan risiko diabetes.

Tidur terlalu sedikit, akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk atau tidur pada waktu yang salah dapat mengganggu sekresi insulin. Idealnya tidur yang baik berkisar antara tujuh sampai sembilan jam per malam. Apalagi didukung dengan jadwal tidur dan bangun yang normal.

Tidur yang cukup dapat menyeimbangkan hormon, menghindari stres, dan memiliki energi yang cukup untuk berolahraga Anda atau beraktivitas pada esok harinya.

  • Rutin mengecek gula darah

Mengukur dan memantau kadar glukosa darah menggunakan glucose-meter juga dapat membantu Anda mengendalikan gula darah. Hal ini mampu mengontrol kadar gula darah pada batas normal, dan membantu Anda menentukan apakah Anda perlu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan atau obat-obatan nantinya.

Rutin mengecek gula darah juga akan membantu Anda mengetahui bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu. Cobalah mengukur kadar gula Anda setiap hari, dan pastikan jika kadar gula Anda selalu berada pada batas normal.

  • Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan akan membantu mengatur asupan kalori dalam tubuh, dan secara tidak langsung mampu menurunkan berat badan. Akibatnya, mengontrol berat badan dapat menghasilkan kadar gula darah yang sehat. Hal ini juga telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Berikut adalah beberapa tips untuk mengontrol porsi makan:

  1. Perhatikan ukuran dan berat makanan
  2. Gunakan piring yang lebih kecil
  3. Hindari  makan di restoran all-you-can-eat
  4. Baca label kandungan makanan dan lihat seberapa besar porsinya
  5. Membuat jurnal makanan
  6. Makan perlahan-lahan

Baca Juga : Sayuran Yang Bantu Membakar Lemak Dalam Tubuh

| Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal |

Advertisements

One thought on “Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s