Posted in Kesehatan

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk

Obesitas atau kelebihan berat badan bukan hanya terjadi saat anda makan secara berlebihan setiap hari. Namun ternyata ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Salah satunya adalah dari kebiasaan. Ketahui Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk

Selamat berjumpa kembali dengan kami agen penjualan obat-obatan herbal terpercaya penyedia segala macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan herbal tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Salah satunya adalah menyediakan Super Nutrition Green World (Nutrimax) yang merupakan suplemen herbal dari Green World yang komposisi utamanya adalah menggunakan Buah Bluberry dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Kami tidak hanya memberikan solusi pengobatan penyakit, karena kami juga akan memberikan informasi penting dan menarik mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan. Nah informasi yang akan kami sajikan saat ini adalah mengenai Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk, penasaran apa saja? simak selengkapnya berikut ini.

kebiasaan-sehari-hari-yang-tanpa-disadari-bisa-bikin-badan-gemuk

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk | Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan. Beberapa orang bisanya malas berolahraga, malas sikat gigi sebelum tidur dan berbagai kebiasaan buruk lainnya.

Beberapa orang juga memiliki kebiasaan buruk dalam hal makan yang bisa membuat mereka menjadi bermansalah dengan urusan kesehatan. Kebiasaan makan yang buruk akan membuat seseorang memiliki masalah kesehatan mulai dari masalah berat badan hingga masalah penyakit krinis lainnya.

Kebiasaan Penyebab Badan Gemuk

Kebiasaan makan yang buruk menjadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan, hal ini diungkapkan oleh Kathleen Zelman, MPH, RD, LD dari Weight Loss Clinic Dietitian. Anda perlu mengubah beberapa kebiasaan. Kenali kebiasaan apa saja yang dapat menambah berat badan :

  • TIDAK FOKUS MAKAN

Jika Anda pernah mendengar tentang Zen Moment, Anda pasti tahu bahwa, “Ketika makan, hanya makan saja.” Sering kali otak kita berkelana kemana-mana ketika melakukan sesuatu, salah satunya ketika makan. Makan dilakukan sambil menonton televisi akan membuat kita lupa diri, secara tak sadar kita memasukkan makanan ke dalam mulut lagi dan lagi. Kita pun tidak sadar rasa makanan yang kita makan. Bahkan satu kantung pop corn asin dapat lenyap dalam hitungan detik. Fokus pada makanan, rasa dan setiap kunyahannya dapat membuat kita sadar jika sudah kenyang.

  • KURANG TIDUR

Keita anda kurang tidur, hormon kortisol akan diproduksi, dan hormon ini bisa mengatur rasa ingin makan. Anda pun akan merasa lapar ketika kurang tidur, walaupun sebenarnya dalam keadaan kenyang. Kurang tidur juga meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

  • MAKAN SETELAH MAKAN MALAM

Masih menurut Kathleen Zelman, makan setelah makan malam adalah kebiasaan yang harus diubah, apalagi jika Anda melibatkan makan makanan manis, seperti kue cokelat. Sebaiknya Anda mengganti kebiasaan tersebut dengan teh hangat, atau makanan dengan kalori rendah.

  • KURANG MINUM

Minum air putih yang cukup dapat membuat Anda terlihat muda dan sehat. Selain itu, sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Menurut Molly Kimball, seorang penulis nutrisi di New Orleans, terkadang tubuh salah mengartikan rasa letih menjadi rasa lapar. Rasa letih dapat disebabkan oleh dehidrasi. Penelitian November 2008, menyebutkan adanya kaitan peningkatan asupan air dan peningkatan penurunan berat badan. Peneliti Virginia Tech menemukan bahwa seorang yang menjalani diet minum delapan gelas dua kali lipat sehari sebelum waktu makan, membuat berat badannya turun sekitar 3 kg.

  • BELANJA DALAM KEADAAN LAPAR

Bukanlah kombinasi yang baik jika Anda pergi berbelanja dalam keadaan lapar. Anda akan berakhir membeli dan memakan banyak makanan. Ketika merasa lapar, otak akan menerima sinyal rasa ingin memakan sesuatu yang distimulasi oleh hormon ghrelin, sehingga mengirimkan sinyal untuk membeli apa saja yang Anda lihat. Tipsnya adalah makan sesuatu sebelum pergi berbelanja. Paling tidak, Anda sudah mengisi perut Anda.

  • MEMAKAN APAPUN YANG ADA

Hal ini sering kali tidak disadari, ketika Anda bekerja atau berada di bandara, walaupun tidak dalam keadaan lapar, Anda memakan apa pun yang ada di meja Anda sebagai distraksi atau kegiatan saat menunggu di bandara. Kadang makanan yang dikudap tersebut tak sehat, seperti gorengan, makanan kemasan, dan makanan manis; tidak hanya makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi, namun juga dapat menyebabkan kolestrol dan diabetes. Jika Anda memang sering merasa lapar saat bepergian, Anda bisa membuat sendiri sandwich yang sehat. Anda juga bisa menyiapkan buah-buahan yang telah dipotong-potong, smoothie, atau camilan sehat lainnya.

  • MINUMAN YANG MENGANDUNG KALORI TINGGI

Liquid calories biasanya terdapat dalam soda dan minuman yang beralkohol. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kopi blended yang ditawarkan di kedai kopi, karena biasanya akan ditambahkan whip cream yang terbuat dari putih telur. Protein memang dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang, namun whip cream sudah dicampur dengan susu dan bahan-bahan lainnya, tanpa disadari kalori yang masuk ke tubuh Anda pun banyak. Anda bisa menggantinya dengan diet soda atau light beer.

  • MELEWATKAN SARAPAN

Tubuh membutuhkan energi, setelah berpuasa selama semalaman, metabolisme Anda membutuhkan makanan. Menahan lapar, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin, dan rasa lapar distimulasi oleh hormon ini. Sedangkan yang Anda perlukan adalah hormon leptin, sebab rasa kenyang distimulasi oleh hormon ini. Ketika lapar berlebihan, akibatnya Anda akan makan-makanan yang berlebihan di siang hari. Jika aktivitas Anda hanya di dalam ruangan, kalori akan disimpan di dalam tubuh. Anda perlu membakarnya.

BACA JUGA : Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Demikian informasi mengenai Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk. Dengan mengetahui kebiasaan yang terkadang dilakukan untuk menurunkan berat badan ini, tentu sekarang anda lebih tau ternyata kebiasaany tersebut malah membuat anda menjadi lebih gemuk atau berat badan anda tidak pernah berkurang. Jadi mulai sekarang hindarilah kebiasaan-kebiasaan diatas. Semoga bermanfaat.

| Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk |

Advertisements

One thought on “Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s