Posted in Kesehatan

Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur

Pernahkah anda bangun tidur bukan dalam keadaan segar, tetapi sebaliknya, kepala pusing, tenggorokan gatal atau buruk? Kemungkinan besar selain kondisi iklim atau kesehatan, ada yang salah dengan cara, posisi dan tempat tidur anda. Simak terus informasi dibawah ini untuk mengetahui Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur

penyebab-badan-terasa-pegal-saat-bangun-tidur

Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur | Bangun tidur bukannya bikin badan segar, tapi justru loyo dan badan terasa pegal-pegal. Kondisi ini seringkali membuat orang merasa bingung hingga akhirnya menebak-nebak apa penyebabnya. Bahkan bagi yang kurang sabar, mereka akan mencari jalan pintas dengan minum jamu atau obat yang bisa menghilangkan pegal-pegal dibadannya. Jika anda sering mengalami hal tersebut, baiknya jangan buru-buru minum jamu atau obat-onatan, karena bisa jadi pegal yang anda alami disebabkan oleh hal-hal seperti dibawah ini :

  • Bantal

Setelah menjalani hari yang berat akan timbul perasaan lega ketika Anda sudah membenamkan kepala ke bantal. Namun, mungkin Anda tak sadar bahwa dalam bantal menyimpan cukup banyak bakteri, jamur, dan tungau. Paling tidak Anda harus mengganti bantal satu tahun sekali jika tidak dicuci untuk menghindarkan dari penyakit.

  • Tanaman hias

Untuk mempercantik ruang tidur, mungkin Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias. Namun, ternyata hal ini dapat mengancam kesehatan Anda ketika tidur. Akar tanaman hias yang membusuk karena kekurangan air akan menerbangka spora jamur dan menularkannya pada Anda ketika tidur sehingga menjadi alergi. Salah satu solusi untuk mencegahnya, adalah jangan biarkan tanaman hias Anda kering.

  • Hewan peliharaan

Jika memilki kebiasaan untuk membiarkan hewan peliharaan tidur bersama Anda, berhati-hatilah. Sebab, bulu, debu, spora jamur, atau bakteri yang menempel pada tubuh mereka dapat menimbulkan penyakit. Hal ini jelas akan mengganggu kualitas tidur dan yang lebih parah membuat Anda sakit saat bangun.

  • Lilin

Lilin, khususnya yang memiliki aroma memang memberikan suasana santai dan romantis saat Anda meletakannya di ruang tidur. Namun, ternyata hal ini bisa berbahaya karena beberapa lilin mengandung bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan toulena. Bagi Anda yang memiliki alergi dengan bahan kimia bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

  • Vacum Cleaner

Membersihkan ruang tidur yang mungkin menggunakan karpet lebih mudah dengan vacum cleaner. Namun, seusai menggunakannya, jangan diletakan di ruang tidur Anda karena sisa debu atau spora jamur yang tidak tersedot dengan benar bisa terhisap dan memicu penyakit.

  • Jendela

Seringkali saking lelahnya beraktivitas, Anda lupa untuk menutup jendela kamar saat tidur. Mungkin terdengar sepele, tetapi memiliki dampak serius, di mana udara dan angin yang masuk bisa menerbangkan debu, spora jamur, dan sisa aroma bahan kimia berbahaya dari perabot. Ketika menghirupnya sudah pasti berbahaya untuk kesehatan Anda.

  • Kasur

Salah satu benda yang memiliki peran vital menjadi faktor Anda sakit saat terbangun adalah kasur. Bisa dibilang manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya di kasur. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kasur Anda menjadi suatu hal penting agar terhindar dari ragam penyakit.

  • Penyakit fibromyalgia.

Fibromyalgia adalah penyakit yang menyebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita, dan hingga saat ini belum diketahui latar belakangnya.

  • Kelebihan Berat Badan

Di saat tidur, seseorang dengan berat badan berlebih akan sendi-sendi ditubuhnya tertekan. Jika terjadi secara terus-menerus, sendi akan semakin tegang. Dengan demikian, sendi dan otot akan terasa pegal bahkan nyeri.

  • Kurang Olahraga Dan Olahraga Berat

Selain membuat tubuh aktif bergerak, olahraga juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan demikian, oksigen dapat terpasok ke seluruh bagian tubuh dengan sempurna.

Jika anda kurang berolahraga, maka oksigen tidak akan diedarkan secara sempurna ke seluruh tubuh. Bagian tubuh yang pertama kali terkena dampaknya adalah otot, yang terasa kaku dan berujung pada pegal-pegal di seluruh tubuh.

Olahraga berat, seperti angkat beban, dapat membuat seluruh otot, sendi dan ligamen menegang. Kondisi ini juga dapat menyebabkan badan terasa pegal dan kram saat bagun tidur.

Baca Juga : Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Nah itu dia Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur. Apabila keluhan pegal saat bangun tidur terus dirasakan dan sangat mengganggu anda, mulailah untuk menerapkan pola hidup lebih sehat dengan rutin berolahraga dan cukup istirahat. Namun jika keluhan tidak membaik, segera hubungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s