Posted in Kesehatan

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya

Vitamin B12 adalah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Jika kekurangan butrisi tersebut, risiko anemia kronis bisa meningkat. Coba kenali apakah anda juga kekurangan vitamin B12 atau tidak melalui Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya dibawah ini.

tanda-tubuh-kekurangan-vitamin-b12-dan-cara-mengatasinya

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya | Vitamin B12 atau yang dikenal dengan nama kobalamin, merupakan vitamin yang larut didalam air. Vitamin B12 merupakan salah satu dari 8 vitamin yang menyusun vitamin B kompleks. Sekarang ini kekurangan vitamin B12 merupakan hal yang cukup sering ditemukan, terutama pada mereka yang berusia lanjut.

Vitamin B12 sangatlah penting bagi kesehatan. Hal ini dikarekan vitamin B12 diperlukan untuk membentuk sel darah merah, yang berfungsi untuk membawa oksigen di dalam tubuh. Vitamin B12 juga diperlukan oleh jaringan saraf agar dapat tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Vitamin B12 turut berperan dalam proses pembentukan mielin, yang berfungsi sebagai selubung saraf dan penghantar sinyal saraf.

Vitamin B12 juga akan bekerja sama dengan asam folat dalam proses metabolisme sel, terutama pada proses pembentukan DNA dan metaolisme asam lemak serta asam amino. Vitamin B12 juga akan membantu tubuh anda menyerap asam lemak, yang diperlukan oleh tubuh untuk melepaskan energi. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin B12, maka tubuh sangat memerlukannya dari berbbagai jenis makanan atau suplemen. Berkonsultasilah dengan dokter anda sebelum mulai mengkonsumsi suplemen apapun.

Nah dibawah ini anda dapat melihat apa saja gejala yang munkin timbul bila seseorang mengalami kekurangan vitamin B12.

Gejala Kekurangan Vitamin B12

  • Kelelahan dan kurang berenergi

Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme energi. Vitamin B12 meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membuat DNA untuk sel-sel baru untuk menyediakan energi. Hal ini juga diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang sehat yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa kadar oksigen yang tepat, Anda akan merasa lelah dan lesu.

  • Mati rasa dan kesemutan

Vitamin B12 memainkan peran kunci dalam menjaga sistem saraf Anda tetap sehat. Dengan demikian, tanda-tanda neurologis seperti mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki dapat menunjukkan kekurangannya. Vitamin B12 membantu dalam pembuatan saraf dan berperan dalam membantu oksigen mencapai bagian-bagian tubuh yang berbeda. Suplai oksigen yang buruk merupakan salah satu penyebab utama mati rasa dan sensasi kesemutan yang bisa saja Anda rasakan.

  • Tekanan darah rendah

Kekurangan vitamin B12 dan asam folat dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, juga dikenal sebagai hipotensi. Vitamin B12 membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah sehingga oksigen yang cukup mencapai masing-masing dan setiap bagian dari tubuh Anda, termasuk jantung.

  • Lesi kulit

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Canadian Family Physicians melaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 terkait dengan lesi kulit. Seiring dengan lesi kulit, defisiensi juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, yang mengarah ke warna kulit yang tidak merata dan bercak-bercak hitam pada kulit.

  • Depresi

Vitamin B12 ini juga penting untuk kesehatan mental. Perannya dalam membentuk sel darah merah akan membantu mendukung sistem saraf yang sehat. Plus, membantu menurunkan tingkat homocysteine, dengan produk metabolisme protein. Tingginya tingkat homosistein dalam tubuh dapat menyebabkan depresi.

  • Penurunan kognitif

Vitamin B12 memungkinkan sel-sel otak untuk membentuk koneksi baru, sebuah proses yang memungkinkan pembentukan memori. Selain itu, itu adalah komponen vital dari myelin, lapisan yang melindungi sel-sel otak. Inilah sebabnya mengapa defisiensi dapat menyebabkan kerusakan saraf serius dan memburuk fungsi otak.

  • Hypothyroidism

Kekurangan vitamin B12 terkait dengan kelenjar tiroid yang kurang aktif atau dikenal sebagai hypothyroidism. Kelenjar tiroid membutuhkan berbagai nutrisi untuk memproduksi hormon yang mengatur banyak fungsi tubuh. Vitamin B12 adalah salah satu nutrisinya.

  • Infertilitas

Kekurangan vitamin B12 dapat mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine melaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 terkait dengan infertilitas dan keguguran berulang. Studi ini menjelaskan bahwa hiperkoagulabilitas karena tingkat homocysteine dapat menyebabkan kematian janin selama tahap awal kekurangan vitamin B12

Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin B12

Untuk mengatasi kekurangan vitamin B12 ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti:

  • Konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12 seperti ikan, kerang, daging (terutama hati), telur, susu, dan produk susu
  • Bagi Anda yang tidak mengkonsumsi daging, cobalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang telah diperkaya oleh vitamin B12 seperti sereal, produk kedelai, dan energy bars
  • Bagi Anda yang mengkonsumsi obat diabetes atau menderita refluks asam lambung, ada baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan kadar B12 karena kedua obat tersebut dapat mempengaruhi kadar vitamin B12 di dalam tubuh
  • Anda dapat mengkonsumsi suplemen, baik dalam bentuk pil atau suntikan. Berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun karena dapat mempengaruhi efektivitas obat-obatan tertentu

Baca Juga : Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya

Itulah Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya. Ikuti tips diatas untuk mengatasi masalah kesehatan akibat kekurangan vitamin B12. Semoga bermanfaat.

| Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s