Blog

Posted in Kesehatan

Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Penggunaan Celana Ketat

Memakai celana yang ketat memang menjadikan tubuh terlihat lebih seksi. Namun dibalik itu, penggunaan celana ketat juga dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Inilah Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Penggunaan Celana Ketat

Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Penggunaan Celana Ketat

Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Penggunaan Celana Ketat | Anda sangat menyadari tentang manfaat dari mengenakan pakaian bersih. Pakaian yang dipakai dibagian intim tubuh, tentunya rentan menjadi penyebab terjadi infeksi ke daerah-daerah yang sensitif dari tubuh. Dari infeksi yang kecil ini dapat menyebabkan penyakit yang parah aseperti kanker vagina. Jadi, pastikan selalu memakai pakaian rapi dan bersih.

Namun apakah anda tahu bahwa ada beberapa efek bagi kesehatan jika mengenakan pakaian yang ketat? Wanita sering berpikir bahwa pakaian dalam ukuran yang lebih kecil atau ketat dapat membuat mereka terlihat lebih seksi. Namun hal itu benar-benar ide yang salah.

Tidak hanya pakaian tersebut dapat menghambat pergerakan dari tubuh anda, tetapi juga dapat membuat banyak masalah kesetahan. Tak hanya wanita, pria juga tidak diperbolehkan memakai pakaian yang ketat karena dapat menghambat sirkulasi darah dan gangguan saraf. Lalu apa risiko memakai pakaian yang ketat bagi kesehatan ? berikut diantaranya :

  • Merusak otot

Penggunaan celana ketat terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan otot pada kaki. Celana yang terlalu ketat membuat kaki Anda tertekan, sehingga menurunkan jumlah pasokan darah menuju otot kaki. Hal tersebut dapat membuat kaki bengkak dan sulit bergerak. Pembengkakan biasanya terjadi pada betis dan pergelangan kaki.

Baca Juga : Obat Penghancur Batu Ginjal

  • Merusak saraf

Dalam sebuah penelitian yang tercatat dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, penggunaan celana ketat terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan saraf. Celana ketat membuat saraf di sekitar kaki menjadi tertekan dan terjepit. Hal ini dapat menyebabkan kaki Anda, terutama di sekitar paha dan pinggul menjadi mati rasa.

  • Pembekuan darah

Celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan sirkulasi darah terganggu. Bila hal ini terus terjadi, maka akan terjadi pembekuan darah, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada betis dan pergelangan kaki Anda. Saat itu terjadi, maka Anda akan sulit untuk menggerakkan kaki Anda.

  • Mengurangi produksi sperma

Penggunaan celana ketat pada pria dapat menurunkan tingkat kesuburan. Celana yang terlalu ketat dapat membuat suhu di sekitar penis meningkat. Hal tersebut dapat mengurangi produksi sperma. Bagi Anda yang berencana untuk memiliki anak, sebaiknya menghindari penggunaan celana ketat.

Baca Juga : Obat Herbal Penyumbatan Tuba Falopi

  • Infeksi vagina

Celana yang terlalu ketat, dapat menghambat sirkulasi udara di sekitar vagina. Hal ini dapat membuat vagina Anda menjadi lembap. Kelembapan yang terjadi pada vagina dapat membuat bakteri berkembang biak, dan dapat menyebabkan infeksi vagina.

  • Menimbulkan iritasi kulit

Celana ketat akan lebih mudah untuk bergesekan dengan kulit. Bila sering terjadi dapat menimbulkan iritasi kulit. Apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Iritasi kulit biasanya muncul dengan tanda-tanda kulit kemerahan atau mengelupas. Segera tinggalkan celana ketat Anda agar kulit Anda tetap sehat dan mulus.

  • Menimbulkan jamur

Di negara tropis seperti Indonesia, menggunakan celana ketat akan membuat Anda lebih mudah untuk berkeringat. Keringat yang terperangkap akibat sirkulasi udara yang tidak baik, dapat menimbulkan jamur. Anda tentu tidak menginginkan ada jamur pada kulit yang dapat menyebabkan kurap, bukan?

Nah, itulah Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Penggunaan Celana Ketat. Melihat adanya fakta tersebut, mulai sekarang kurangi penggunaan celana ketat supaya masalah seperti diatas tidak menyerang anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit

Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Penggunaan Celana Ketat

Advertisements
Posted in Kesehatan

Buah-Buahan Yang Paling Baik Untuk Dikonsumsi

Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa Buah-Buahan Yang Paling Baik Untuk Dikonsumsi.

buah-buahan-yang-paling-baik-untuk-dikonsumsi

Buah-Buahan Yang Paling Baik Untuk Dikonsumsi | Buah merupakan tanaman alami yang memberikan berbagai macam vitamin pada tubuh, serat, gizi, larutan garam maupun anti oksidan yang bermanfaat dalam pencegahan dari oksidasi sel-sel dalam tubuh manusia.

Buah pun dapat bermanfaat sebagai pengganti energi selain karbohidrat, dimana buah efektif digunakan sebagai diet terutama buah pisang yang sangat baik untuk pencernaan maupun otot-otot tubuh.

Kandungan-Kandungan Umum Pada Buah

  1. Antioksidan, merupakan molekul yang mampu menghambut oksidasi (reduksi) molekul-molekul lain dalam tubuh.
  2. Lycopene, Antioksidan alami yang terdapat pada buah berwarna merah, ungu, dan orange.
  3. Kalium, mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, berfungsi untuk mengatasi stroke, stress, gelisah, tekanan darah, kekuatan otot, metabolisme dan jantung.
  4. Vitamin C, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tidak mudah di simpan di dalam tubuh oleh karena itu di anjurkan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C, namun jangan berlebihan.

Buah Yang Paling Baik Untuk Dikonsumsi

  • KIWI

Walau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium –mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.

  • APEL

Walau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.

  • STROBERI

Stoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapat
melindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal bebas.

  • JERUK

Memakan dua hingga empat jeruk dalam sehari dapat membuat flu menjauh, menurunkan kolesterol dan mencegah serta melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi jeruk juga mampu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

  • SEMANGKA

Selain mengandung mineral hingga 92%, semangka juga memiliki kadar glutathione; penangkal radikal bebas, pengusir racun dan meningkatkan kekebalan tubuh. Semangka juga merupakan sumber utama likopen, antioksidan yang melawan kanker.

  • JAMBU BIJI

Buah ini memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Mengonsumsinya secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker. Selain baik bagi kesehatan, jambu biji harganya relatif murah dibandingkan dengan buah-buah lain.

  • PEPAYA

Pepaya termasuk salah satu makanan yang mengandung likopen, nutrisi yang diketahui sangat efektif dalam mencegah dan memberantas penyebaran sel-sel kanker. Pepaya juga memiliki kandungan lain yaitu sebagai sumber vitamin C, kalium dan asam folat yang membuatnya menjadi buah yang sangat menyehatkan.

Baca Juga : Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit

| Buah-Buahan Yang Paling Baik Untuk Dikonsumsi |

Posted in Kesehatan

Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit

Saat anda mencoba produk perawatan kulit, ternyata kulit tidak dapat menerimanya dengan baik sehingga menimbulkan iritasi. Kulit pun dapat mengirimkan sinyalnya pada tubuh. Apa saja Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit

tanda-yang-menunjukan-bahwa-produk-perawatan-tidak-cocok-dengan-kulit

Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit | Sebagai wanita, sepertinya sangat tidak mungkin jika tidak mengikuti perawatan dan memakai produk kecantikan untuk merawat diri serta menjaga kecantikan dirinya. Karena untuk menjadi cantik, anda perlu usaha keras dan dibarengi dan diimbangi dengan menjaga diri dari sesuatu yang bisa merugikan diri anda.

Perawatan yang bisa dilakukan wanita untuk menjaga kecantikannya biasanya ruti melakukan perawatan kulit seperti cream yang bisa membantu memutihkan kulit. Tetapi alangkah baiknya anda melakukan perawatan kecantikan langsung dari dokter khusus supaya aman dan higienis.

Jangan pernah sesekali anda mencoba memakai produk perawatan yang tidak jelas keamanan dan higienisnya. Sebab ketika anda mulai mencoba perawatan tidak aman tersebut, pasti anda akan mengalami masalah yang cukup serius, baik dari dalam maupun dari luar.

Untuk itu, anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kecantikan, jangan tergiur oleh harga yang murah, apalagi iku-ikutan orang lain. Jika orang lain tersebut mungkin cocok dengan produk perawatan tersebut, hal itu tidak serta merta sama dengan anda. Bisa saja anda malah tidak cocok dan mengalami alergi.

Agar tidak tertipu dan selalu bisa waspada dengan produk perawatan, ada baiknya simak tanda produk perawatan yang tidak cocok dengan kulit anda berikut ini :

  • Ruam kemerahan

Ruam kemerahan memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebabnya adalah reaksi alergi terhadap produk perawatan tertentu. Pewangi, pengawet, dan kandungan pada produk tertentu bisa menyebabkan timbulnya kemerahan di kulit dan seringkali disertai dengan rasa gatal.

  • Jerawat

Timbulnya jerawat memang tidak selalu disebabkan oleh alergi akan produk tertentu. Namun jika Anda tidak cocok dengan suatu produk perawatan kulit, jerawat bisa timbul sebagai reaksi ketikdakcocokan kulit dengan kandungan produk.

Cobalah menunggu selama 2–3 minggu untuk kulit Anda beradaptasi dan lihat reaksi kulit Anda. Amati jika ada jerawat yang langsung muncul ketika Anda mengaplikasikan produk tertentu.

  • Kulit kering dan tertarik

Beberapa produk, seperti yang mengandung asam retinoat atau derivat vitamin A lainnya memang bisa menimbulkan reaksi kulit menjadi kering. Namun kulit yang kering dan seperti tertarik Anda rasakan setelah menggunakan produk tertentu, bisa jadi Anda tidak cocok.

Penggunaan sabun muka yang tidak tepat seringkali menyebabkan keluhan ini. Jika dibiarkan maka lapisan minyak alami kulit dapat terkikis dan menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan dehidrasi.

  • Rasa terbakar

Beberapa krim C pembersih muka tertentu dan masker yang mengandung asam glikolat, asam retinoat, vitamin seringkali memberikan rasa menggelitik saat pertama diaplikasikan. Namun jika Anda merasakan sensasi terbakar dan nyeri saat diaplikasikan, hati–hati bisa jadi Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

  • Gatal

Kulit Anda gatal dan merah setelah menggunakan krim atau produk perawatan kulit tertentu? Bisa jadi kulit Anda mengalami iritasi dan tidak cocok dengan kandungannya. Jika kulit Anda sensitif dan mudah mengalami alergi, hindari produk yang mengandung pewangi.

Baca Juga : Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya

Itulah Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit. Hindari menggunakan sembarang produk perawatan kulit tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Karena itu, selalu teliti dan perhatikan kandungan dari produk sebelum Anda membelinya terlebih jika Anda memiliki riwayat alergi dan kulit sensitif. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Tanda Yang Menunjukan Bahwa Produk Perawatan Tidak Cocok Dengan Kulit |

Posted in Kesehatan

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya

Vitamin B12 adalah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Jika kekurangan butrisi tersebut, risiko anemia kronis bisa meningkat. Coba kenali apakah anda juga kekurangan vitamin B12 atau tidak melalui Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya dibawah ini.

tanda-tubuh-kekurangan-vitamin-b12-dan-cara-mengatasinya

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya | Vitamin B12 atau yang dikenal dengan nama kobalamin, merupakan vitamin yang larut didalam air. Vitamin B12 merupakan salah satu dari 8 vitamin yang menyusun vitamin B kompleks. Sekarang ini kekurangan vitamin B12 merupakan hal yang cukup sering ditemukan, terutama pada mereka yang berusia lanjut.

Vitamin B12 sangatlah penting bagi kesehatan. Hal ini dikarekan vitamin B12 diperlukan untuk membentuk sel darah merah, yang berfungsi untuk membawa oksigen di dalam tubuh. Vitamin B12 juga diperlukan oleh jaringan saraf agar dapat tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Vitamin B12 turut berperan dalam proses pembentukan mielin, yang berfungsi sebagai selubung saraf dan penghantar sinyal saraf.

Vitamin B12 juga akan bekerja sama dengan asam folat dalam proses metabolisme sel, terutama pada proses pembentukan DNA dan metaolisme asam lemak serta asam amino. Vitamin B12 juga akan membantu tubuh anda menyerap asam lemak, yang diperlukan oleh tubuh untuk melepaskan energi. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin B12, maka tubuh sangat memerlukannya dari berbbagai jenis makanan atau suplemen. Berkonsultasilah dengan dokter anda sebelum mulai mengkonsumsi suplemen apapun.

Nah dibawah ini anda dapat melihat apa saja gejala yang munkin timbul bila seseorang mengalami kekurangan vitamin B12.

Gejala Kekurangan Vitamin B12

  • Kelelahan dan kurang berenergi

Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme energi. Vitamin B12 meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membuat DNA untuk sel-sel baru untuk menyediakan energi. Hal ini juga diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang sehat yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa kadar oksigen yang tepat, Anda akan merasa lelah dan lesu.

  • Mati rasa dan kesemutan

Vitamin B12 memainkan peran kunci dalam menjaga sistem saraf Anda tetap sehat. Dengan demikian, tanda-tanda neurologis seperti mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki dapat menunjukkan kekurangannya. Vitamin B12 membantu dalam pembuatan saraf dan berperan dalam membantu oksigen mencapai bagian-bagian tubuh yang berbeda. Suplai oksigen yang buruk merupakan salah satu penyebab utama mati rasa dan sensasi kesemutan yang bisa saja Anda rasakan.

  • Tekanan darah rendah

Kekurangan vitamin B12 dan asam folat dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, juga dikenal sebagai hipotensi. Vitamin B12 membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah sehingga oksigen yang cukup mencapai masing-masing dan setiap bagian dari tubuh Anda, termasuk jantung.

  • Lesi kulit

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Canadian Family Physicians melaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 terkait dengan lesi kulit. Seiring dengan lesi kulit, defisiensi juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, yang mengarah ke warna kulit yang tidak merata dan bercak-bercak hitam pada kulit.

  • Depresi

Vitamin B12 ini juga penting untuk kesehatan mental. Perannya dalam membentuk sel darah merah akan membantu mendukung sistem saraf yang sehat. Plus, membantu menurunkan tingkat homocysteine, dengan produk metabolisme protein. Tingginya tingkat homosistein dalam tubuh dapat menyebabkan depresi.

  • Penurunan kognitif

Vitamin B12 memungkinkan sel-sel otak untuk membentuk koneksi baru, sebuah proses yang memungkinkan pembentukan memori. Selain itu, itu adalah komponen vital dari myelin, lapisan yang melindungi sel-sel otak. Inilah sebabnya mengapa defisiensi dapat menyebabkan kerusakan saraf serius dan memburuk fungsi otak.

  • Hypothyroidism

Kekurangan vitamin B12 terkait dengan kelenjar tiroid yang kurang aktif atau dikenal sebagai hypothyroidism. Kelenjar tiroid membutuhkan berbagai nutrisi untuk memproduksi hormon yang mengatur banyak fungsi tubuh. Vitamin B12 adalah salah satu nutrisinya.

  • Infertilitas

Kekurangan vitamin B12 dapat mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine melaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 terkait dengan infertilitas dan keguguran berulang. Studi ini menjelaskan bahwa hiperkoagulabilitas karena tingkat homocysteine dapat menyebabkan kematian janin selama tahap awal kekurangan vitamin B12

Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin B12

Untuk mengatasi kekurangan vitamin B12 ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti:

  • Konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12 seperti ikan, kerang, daging (terutama hati), telur, susu, dan produk susu
  • Bagi Anda yang tidak mengkonsumsi daging, cobalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang telah diperkaya oleh vitamin B12 seperti sereal, produk kedelai, dan energy bars
  • Bagi Anda yang mengkonsumsi obat diabetes atau menderita refluks asam lambung, ada baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan kadar B12 karena kedua obat tersebut dapat mempengaruhi kadar vitamin B12 di dalam tubuh
  • Anda dapat mengkonsumsi suplemen, baik dalam bentuk pil atau suntikan. Berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun karena dapat mempengaruhi efektivitas obat-obatan tertentu

Baca Juga : Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya

Itulah Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya. Ikuti tips diatas untuk mengatasi masalah kesehatan akibat kekurangan vitamin B12. Semoga bermanfaat.

| Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 Dan Cara Mengatasinya |

Posted in Kesehatan

Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya

Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya | Buah dan sayur merupakan superfood yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Masing-masing warna pada buah dan sayur pun memiliki manfaat tersendiri.

manfaat-buah-dan-sayur-berdasarkan-dari-warnanya

Beragam jenis vitamin terkandung didalam buah dan sayur, di antaranya vitamin A, D, E, K, C, B. Vitamin A berperan menjaga kesehatan mata. Vitamin D untuk kesehatan gigi dan tulang. Vitamin E berguna bagi kesuburan dan kecantikan kulit. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain vitamin, buah dan sayur juga sumber mineral dan serat yang membantu proses pencernaan.

Masing-masing warna buah dan sayur juga ternyata melambangkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya? berikut diantaranya :

  • MERAH

Buah berwarna merah contohnya tomat, semangka, anggur dan pepaya. Buah-buahan ini mengandung phytochemical (zat warna yang melekat di kulit buah) berupa likopen. Likopen tersebut selain memberikan warna merah pada buah juga efektif sebagai zat antioksidan. Dengan kandungan antioksidan tersebut bisa membuat tubuh mampu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker seperti prostat.

  • HIJAU

Buah-buahan berwarna hijau mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin. Kandungan lutein dan zeaxanthin tersebut selain memberikan warna hijau juga terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, dapat menghambat dan menahan perkembangan sel kanker yang hidup, menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur berwarna hijau di antaranya bayam, brokoli, sawi dan kale.

  • ORANYE / KUNING

Buah-buahan berwarna kuning banyak mengandung beta carotene. Berdasarkan penelitian kandungan beta karoten dalam sayur dan buah bisa meningkatkan sistem imun, penglihatan dan masalah lainnya yang umum dialami setelah usia bertambah. Buah dan sayur berwarna oranye/kuning ini di antaranya labu, jeruk, mangga, wortel dan aprikot.

  • BIRU / UNGU

Buah-buahan berwarna biru mengandung pigmen antosianin dan flavonoin. Kedua pigmen itulah yang memberikan warna alami biru atau ungu pada buah dan sayuran. Kandungan pigmen itu juga mampu menjadikan antosianin dan flavonoin sebagai antioksidan. Sehingga buah berwarna biru seperti anggur, bit dan blueberri ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, melindungi otak dari kerusakan, menghambat sel tumor dan meningkatkan kemampuan penglihatan.

  • PUTIH

Buah-buahan berwarna putih mengandung alicin. Alicin ini bisa membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Manfaat lainnya alicin juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur berwarna putih di antaranya bawang putih, bawang bombay, kembang kol dan pir.

  • HITAM

Untuk warna hitam yang juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung. Namun sayangnya sayuran dan buah yang memiliki warna hitam jarang ditemui dan langka. Namun, masih ada beberapa jenis makan yang memiliki warna hitam seperti beras ketan hitam atau beras hitam, kacang hitam, jamur, dan buah zaitun.

Baca Juga : Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur

Nah, itulah Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya. Jadi banyak dan beragam jenis buah dan sayuran bila dibedakan warnanya. Begitu juga dengan banyak pula manfaat yang dapat diperoleh dari jenis buah dan sayuran tersebut bagi kesehatan. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Dari Warnanya|

Posted in Kesehatan

Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur

Pernahkah anda bangun tidur bukan dalam keadaan segar, tetapi sebaliknya, kepala pusing, tenggorokan gatal atau buruk? Kemungkinan besar selain kondisi iklim atau kesehatan, ada yang salah dengan cara, posisi dan tempat tidur anda. Simak terus informasi dibawah ini untuk mengetahui Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur

penyebab-badan-terasa-pegal-saat-bangun-tidur

Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur | Bangun tidur bukannya bikin badan segar, tapi justru loyo dan badan terasa pegal-pegal. Kondisi ini seringkali membuat orang merasa bingung hingga akhirnya menebak-nebak apa penyebabnya. Bahkan bagi yang kurang sabar, mereka akan mencari jalan pintas dengan minum jamu atau obat yang bisa menghilangkan pegal-pegal dibadannya. Jika anda sering mengalami hal tersebut, baiknya jangan buru-buru minum jamu atau obat-onatan, karena bisa jadi pegal yang anda alami disebabkan oleh hal-hal seperti dibawah ini :

  • Bantal

Setelah menjalani hari yang berat akan timbul perasaan lega ketika Anda sudah membenamkan kepala ke bantal. Namun, mungkin Anda tak sadar bahwa dalam bantal menyimpan cukup banyak bakteri, jamur, dan tungau. Paling tidak Anda harus mengganti bantal satu tahun sekali jika tidak dicuci untuk menghindarkan dari penyakit.

  • Tanaman hias

Untuk mempercantik ruang tidur, mungkin Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias. Namun, ternyata hal ini dapat mengancam kesehatan Anda ketika tidur. Akar tanaman hias yang membusuk karena kekurangan air akan menerbangka spora jamur dan menularkannya pada Anda ketika tidur sehingga menjadi alergi. Salah satu solusi untuk mencegahnya, adalah jangan biarkan tanaman hias Anda kering.

  • Hewan peliharaan

Jika memilki kebiasaan untuk membiarkan hewan peliharaan tidur bersama Anda, berhati-hatilah. Sebab, bulu, debu, spora jamur, atau bakteri yang menempel pada tubuh mereka dapat menimbulkan penyakit. Hal ini jelas akan mengganggu kualitas tidur dan yang lebih parah membuat Anda sakit saat bangun.

  • Lilin

Lilin, khususnya yang memiliki aroma memang memberikan suasana santai dan romantis saat Anda meletakannya di ruang tidur. Namun, ternyata hal ini bisa berbahaya karena beberapa lilin mengandung bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan toulena. Bagi Anda yang memiliki alergi dengan bahan kimia bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

  • Vacum Cleaner

Membersihkan ruang tidur yang mungkin menggunakan karpet lebih mudah dengan vacum cleaner. Namun, seusai menggunakannya, jangan diletakan di ruang tidur Anda karena sisa debu atau spora jamur yang tidak tersedot dengan benar bisa terhisap dan memicu penyakit.

  • Jendela

Seringkali saking lelahnya beraktivitas, Anda lupa untuk menutup jendela kamar saat tidur. Mungkin terdengar sepele, tetapi memiliki dampak serius, di mana udara dan angin yang masuk bisa menerbangkan debu, spora jamur, dan sisa aroma bahan kimia berbahaya dari perabot. Ketika menghirupnya sudah pasti berbahaya untuk kesehatan Anda.

  • Kasur

Salah satu benda yang memiliki peran vital menjadi faktor Anda sakit saat terbangun adalah kasur. Bisa dibilang manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya di kasur. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kasur Anda menjadi suatu hal penting agar terhindar dari ragam penyakit.

  • Penyakit fibromyalgia.

Fibromyalgia adalah penyakit yang menyebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita, dan hingga saat ini belum diketahui latar belakangnya.

  • Kelebihan Berat Badan

Di saat tidur, seseorang dengan berat badan berlebih akan sendi-sendi ditubuhnya tertekan. Jika terjadi secara terus-menerus, sendi akan semakin tegang. Dengan demikian, sendi dan otot akan terasa pegal bahkan nyeri.

  • Kurang Olahraga Dan Olahraga Berat

Selain membuat tubuh aktif bergerak, olahraga juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan demikian, oksigen dapat terpasok ke seluruh bagian tubuh dengan sempurna.

Jika anda kurang berolahraga, maka oksigen tidak akan diedarkan secara sempurna ke seluruh tubuh. Bagian tubuh yang pertama kali terkena dampaknya adalah otot, yang terasa kaku dan berujung pada pegal-pegal di seluruh tubuh.

Olahraga berat, seperti angkat beban, dapat membuat seluruh otot, sendi dan ligamen menegang. Kondisi ini juga dapat menyebabkan badan terasa pegal dan kram saat bagun tidur.

Baca Juga : Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Nah itu dia Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur. Apabila keluhan pegal saat bangun tidur terus dirasakan dan sangat mengganggu anda, mulailah untuk menerapkan pola hidup lebih sehat dengan rutin berolahraga dan cukup istirahat. Namun jika keluhan tidak membaik, segera hubungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur |

Posted in Kesehatan

Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Ada perilaku anak yang tidak boleh diabaikan oleh orang tua yang bisa berakibat buruk untuknya dimasa depan. Sebelum terlambat, kenali apa saja Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

perilaku-anak-yang-sebaiknya-tidak-boleh-diabaikan-orang-tua

Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua — Sejak dini mungkin kita mengajarkan anak untuk memiliki sopan santun. Tapi tak jarang beberapa perilaku anak yang kurang baik luput dari perhatian kita. Padahal ada perilaku anak yang tidak boleh diabaikan oleh orang tua sedini mungkin.

Banyak orang tua menganggap ini sebagai kenakalan kecil yang akan hilang seiring pertumbuhan usianya. Padahal, pembentukan karekaternya telah dimulai sedini mungkin. Hati-hati! jika dibiarkan secara terus-menerus perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan setelah ia dewasa.

Perilaku Anak Yang Berbahaya Bila Diabaikan

  • Tetap Diam Melihat Perbuatan Buruk Terhadap Seseorang
  • Ketika anak melihat temannya dilakukan buruk oleh teman lainnya, sebaiknya tidak boleh diam saja. Anda harus menjelaskan kepada anak, melihat perilaku tersebut harus tenang dan menahan diri.
    Setelah itu, bantu anak memahami situasi sehingga menemukan solusi.

    Bersaing Dengan Saudara Kandung

Adanya persaingan antar saudara kandung menjadi bumbu sehari-hari. Temukan akar masalah, pastikan melarang anak-anak menyakiti sudara kandung secara fisik satu sama lain.
Bantu anak-anak merasa seperti tim dan ajarkan mereka menyelesaikan konflik secara adil.
Jelaskan kepada anak cara menghargai perasaan masing-masing. Cobalah secara teratur meluangkan waktu berama anak. Ini akan membantu menjaga hubungan baik dalam keluarga.

  • Mencuri

Jika anak Anda mencuri sesuatu untuk pertama kalinya, cari tahu motif dan jelaskan perilaku tersebut sama sekali salah. Kemudian minta anak Anda mengembalikan barang dan minta maaf kepada pemiliknya.
Jika pencurian terus terjadi berulang kali, carilah bantuan psikologis profesional. Jika tidak, jenis perilaku ini bisa berubah menjadi kebiasaan yang terus-menerus.

  • Bersikap tidak sopan

Ketika anak bersikap tidak sopan, baik dari perkataan maupun perilaku, jangan mengabaikan. Cari tahu apa yang menyebabkan perilaku ini.

Ajari anak-anak cara yang benar untuk mengekspresikan emosi dan keinginan mereka. Mereka harus belajar tetap tenang dan mendengarkan apa yang Anda katakan.

  • Tidak jujur

Jelaskan  betapa pentingnya kejujuran dan kepercayaan dalam hubungan. Luangkan waktu memikirkan hukuman yang tepat. Hukuman ini akan mengajarkan anak, berbohong tidak dapat diterima.
Jika anak terus berbohong, hal ini bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Dalam kasus seperti itu, Anda harus menghubungi dokter spesialis.

  • Merengek

Anak merengek mungkin menjadi hal biasa. Tapi cobalah menjaga ekspresi tidak memihak. Ingatkan anak, ia harus berbicara dengan suara normal. Jika perilaku ini terus menerus dilakukan, Anda harus mencari tahu apa yang salah.
Anda mungkin harus mendiskusikan situasi dengan anak tersebut agar membuatnya lebih sadar menjadi bagian dari keluarga.

  • Sopan santun

Jangan terlalu menekan anak-anak saat mengajar sopan santun. Sebagai gantinya, berkonsentrasilah mengingatkan anak agar memerhatikan orang lain.

Hal ini juga sangat penting bagi anggota keluarga orang dewasa untuk berperilaku baik karena anak akan meniru apa yang mereka lihat.

Lihat juga artikel lainnya > Sumber Karbohidrat Yang Lebih Sehat Dari Nasi Putih

Dibutuhkan kesabaran, kepekaan, dan kepedulian orang tua dalam mendidik anak agar ia jadi anak baik yang menenangkan hati orang tua dan sekitarnya. Pada akhrinya, cinta orang tua lah yang membuat pribadi anak lebih baik. Demikian info mengenai Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua, semoga bermanfaat.

| Perilaku Anak Yang Sebaiknya Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua |

Posted in Kesehatan

Sumber Karbohidrat Yang Lebih Sehat Dari Nasi Putih

Orang Indonesia sebagian besar mengkonsumsi nasi sebagi salah satu sumber karbohidrat, sebenarnya masih banyak makanan sehat yang bisa digunakan untuk mengganti nasi, bahkan dengan tambahan vitamin dan serat tinggi yang membantu tubuh dalam sistem pencernaan. Simak terus informasi dibawah ini untuk mengetahui apa saja Sumber Karbohidrat Yang Lebih Sehat Dari Nasi Putih

sumber-karbohidrat-yang-lebih-sehat-dari-nasi-putih

Sumber Karbohidrat Yang Lebih Sehat Dari Nasi Putih — Karbohidrat adalah sumber energi utama yang merupakan senyawa berunsur karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur).

Salah satu makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Istilah “Belum makan namanya kalau belum makan nasi” atau “Orang Indonesia belum afdol kalau belum makan nasi” mungkin terdengar akrab di telinga anda. Sebagian besar masyarakat Indonesia memang diduga terbiasan mengkonsumsi beras atau nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun, kini beberapa daerah di Indonesia sudah menggalakkan program sehari tanpa nasi. Caranya, mengganti beras dengan makanan karbohidrat lain. Dan ternyata, makanan pengganti nasi tersebut tidak kalah ergizi, bahkan ada yang lebih menyehatkan, terutama untuk penderita diabetes.

Sumber Karbohidrat Selain Nasi

  • JAGUNG

Di beberapa daerah di Indonesia, jagung bukanlah makanan asing. Nasi jagung bahkan sudah menjadi penganan sehari-hari pengganti nasi yang dikonsumsi secara turun-menurun. Dan tidak mengherankan jika mereka lebih memilih jagung daripada nasi.

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi manusia. Selain itu, makanan pengganti nasi ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang tentunya penting untuk tubuh.

Serat pada jagung dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar. Kandungan karbohidrat pada 100 gram jagung (74 gram) pun ternyata lebih sedikit jika dibandingkan dengan 100 gram beras putih (80 gram). Ini berarti, jagung bisa menjadi pilihan bagi Anda penderita diabetes karena kunci dalam menjaga keseimbangan gula darah adalah dengan memperhatikan asupan karbohidrat sehari-hari.

  • NASI MERAH

Nasi merah memiliki kandungan vitamin B dan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Dalam 1 gelas (50 gram nasi), nasi merah memiliki kandungan serat 3,5 gram sedangkan nasi putih memiliki kandungan serat 0,6 gram. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak cepat merasa lapar sehingga Anda tidak makan berlebihan. Selain itu, nasi merah juga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Karena kelebihannya ini, nasi merah mungkin dapat membantu Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Selain itu, nasi merah juga baik bagi para penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi dan juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membantu penderita diabetes melitus dalam menjaga kadar gula darahnya. Kelebihan lain dari nasi merah, yaitu kandungan lemak tidak jenuhnya yang tinggi yang dapat membantu Anda menjaga kadar kolesterol dalam darah.

  • ROTI GANDUM UTUH (WHOLE WHEAT)

Roti merupakan salah satu pilihan alternatif selain nasi. Namun, pilihlah roti gandum dibandingkan roti putih jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih. Roti gandum mungkin pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang dalam penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang lebih rendah daripada nasi putih. Roti gandum juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Hal ini membantu agar gula darah Anda tidak cepat naik dan juga mencegah lapar datang lebih cepat.

Selain itu, roti gandum juga mengandung mineral kalsium, magnesium, fosfor, dan seng, serta mengandung vitamin E dan folat. Folat berfungsi membantu menghilangkan homosistein dari darah yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Roti gandum juga mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan nasi putih.

  • OAT

Oat merupakan salah satu jenis gandum utuh yang dapat membantu Anda menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan kanker. Oat lebih sedikit mengandung kalori dan karbohidrat, tetapi mengandung lebih tinggi protein dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu, oat juga mengandung vitamin B6, tiamin, niasin, dan folat. Oat juga merupakan salah satu sumber riboflavin yang baik. Riboflavin berperan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi, membentuk sel darah merah, dan juga mendukung pertumbuhan. Oat juga mengandung seng dalam jumlah yang sama seperti nasi merah.

Selain itu, oat juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Kalsium penting untuk kekuatan tulang, zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, dan fosfor berperan penting dalam otot dan fungsi saraf, serta dalam penyimpanan energi. Yang tidak kalah penting adalah oat juga mengandung serat. Serat sangat membantu dalam sistem pencernaan, dan juga meminimalkan risiko kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan obesitas.

  • KENTANG

Kentang juga merupakan salah satu makanan yang dapat menggantikan nasi putih. Kentang memiliki kalori yang lebih rendah daripada nasi putih, tetapi lebih tinggi dibandingkan dengan nasi merah. Kentang juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada nasi putih, apalagi jika dimakan dengan kulitnya. Kulit kentang dapat menambah kandungan seratnya. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B6, tiamin, riboflavin, folat, dan vitamin C. Kelebihan lainnya adalah kentang mengandung mineral kalsium 5 kali lebih banyak, fosfor 2 kali lebih banyak, dan kalium 14 kali lebih banyak dibandingkan nasi putih. Kentang dan nasi putih mengandung seng dan magnesium dalam jumlah yang sama.

Kelebihan kentang lainnya adalah kentang memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih, tetapi jauh lebih tinggi indeks glikemik pada kentang dibandingkan dengan nasi merah. Kentang rebus lebih baik daripada nasi putih karena lebih banyak mengandung vitamin dan mineral, tetapi jika ditambahkan minyak, mentega, keju, dan lainnya pastinya akan menambah jumlah kalori dari kentang.

BACA JUGA : Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk

Nah, itulah berbagai Kebiasaan Sumber Karbohidrat Yang Lebih Sehat Dari Nasi Putih yang dapat anda konsumsi sehari-hari. Konsumsilah secara bergantian agar anda tidak bosan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

| Sumber Karbohidrat Yang Lebih Sehat Dari Nasi Putih |

Posted in Kesehatan

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk

Obesitas atau kelebihan berat badan bukan hanya terjadi saat anda makan secara berlebihan setiap hari. Namun ternyata ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Salah satunya adalah dari kebiasaan. Ketahui Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk

Selamat berjumpa kembali dengan kami agen penjualan obat-obatan herbal terpercaya penyedia segala macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan herbal tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Salah satunya adalah menyediakan Super Nutrition Green World (Nutrimax) yang merupakan suplemen herbal dari Green World yang komposisi utamanya adalah menggunakan Buah Bluberry dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Kami tidak hanya memberikan solusi pengobatan penyakit, karena kami juga akan memberikan informasi penting dan menarik mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan. Nah informasi yang akan kami sajikan saat ini adalah mengenai Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk, penasaran apa saja? simak selengkapnya berikut ini.

kebiasaan-sehari-hari-yang-tanpa-disadari-bisa-bikin-badan-gemuk

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk | Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan. Beberapa orang bisanya malas berolahraga, malas sikat gigi sebelum tidur dan berbagai kebiasaan buruk lainnya.

Beberapa orang juga memiliki kebiasaan buruk dalam hal makan yang bisa membuat mereka menjadi bermansalah dengan urusan kesehatan. Kebiasaan makan yang buruk akan membuat seseorang memiliki masalah kesehatan mulai dari masalah berat badan hingga masalah penyakit krinis lainnya.

Kebiasaan Penyebab Badan Gemuk

Kebiasaan makan yang buruk menjadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan, hal ini diungkapkan oleh Kathleen Zelman, MPH, RD, LD dari Weight Loss Clinic Dietitian. Anda perlu mengubah beberapa kebiasaan. Kenali kebiasaan apa saja yang dapat menambah berat badan :

  • TIDAK FOKUS MAKAN

Jika Anda pernah mendengar tentang Zen Moment, Anda pasti tahu bahwa, “Ketika makan, hanya makan saja.” Sering kali otak kita berkelana kemana-mana ketika melakukan sesuatu, salah satunya ketika makan. Makan dilakukan sambil menonton televisi akan membuat kita lupa diri, secara tak sadar kita memasukkan makanan ke dalam mulut lagi dan lagi. Kita pun tidak sadar rasa makanan yang kita makan. Bahkan satu kantung pop corn asin dapat lenyap dalam hitungan detik. Fokus pada makanan, rasa dan setiap kunyahannya dapat membuat kita sadar jika sudah kenyang.

  • KURANG TIDUR

Keita anda kurang tidur, hormon kortisol akan diproduksi, dan hormon ini bisa mengatur rasa ingin makan. Anda pun akan merasa lapar ketika kurang tidur, walaupun sebenarnya dalam keadaan kenyang. Kurang tidur juga meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

  • MAKAN SETELAH MAKAN MALAM

Masih menurut Kathleen Zelman, makan setelah makan malam adalah kebiasaan yang harus diubah, apalagi jika Anda melibatkan makan makanan manis, seperti kue cokelat. Sebaiknya Anda mengganti kebiasaan tersebut dengan teh hangat, atau makanan dengan kalori rendah.

  • KURANG MINUM

Minum air putih yang cukup dapat membuat Anda terlihat muda dan sehat. Selain itu, sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Menurut Molly Kimball, seorang penulis nutrisi di New Orleans, terkadang tubuh salah mengartikan rasa letih menjadi rasa lapar. Rasa letih dapat disebabkan oleh dehidrasi. Penelitian November 2008, menyebutkan adanya kaitan peningkatan asupan air dan peningkatan penurunan berat badan. Peneliti Virginia Tech menemukan bahwa seorang yang menjalani diet minum delapan gelas dua kali lipat sehari sebelum waktu makan, membuat berat badannya turun sekitar 3 kg.

  • BELANJA DALAM KEADAAN LAPAR

Bukanlah kombinasi yang baik jika Anda pergi berbelanja dalam keadaan lapar. Anda akan berakhir membeli dan memakan banyak makanan. Ketika merasa lapar, otak akan menerima sinyal rasa ingin memakan sesuatu yang distimulasi oleh hormon ghrelin, sehingga mengirimkan sinyal untuk membeli apa saja yang Anda lihat. Tipsnya adalah makan sesuatu sebelum pergi berbelanja. Paling tidak, Anda sudah mengisi perut Anda.

  • MEMAKAN APAPUN YANG ADA

Hal ini sering kali tidak disadari, ketika Anda bekerja atau berada di bandara, walaupun tidak dalam keadaan lapar, Anda memakan apa pun yang ada di meja Anda sebagai distraksi atau kegiatan saat menunggu di bandara. Kadang makanan yang dikudap tersebut tak sehat, seperti gorengan, makanan kemasan, dan makanan manis; tidak hanya makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi, namun juga dapat menyebabkan kolestrol dan diabetes. Jika Anda memang sering merasa lapar saat bepergian, Anda bisa membuat sendiri sandwich yang sehat. Anda juga bisa menyiapkan buah-buahan yang telah dipotong-potong, smoothie, atau camilan sehat lainnya.

  • MINUMAN YANG MENGANDUNG KALORI TINGGI

Liquid calories biasanya terdapat dalam soda dan minuman yang beralkohol. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kopi blended yang ditawarkan di kedai kopi, karena biasanya akan ditambahkan whip cream yang terbuat dari putih telur. Protein memang dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang, namun whip cream sudah dicampur dengan susu dan bahan-bahan lainnya, tanpa disadari kalori yang masuk ke tubuh Anda pun banyak. Anda bisa menggantinya dengan diet soda atau light beer.

  • MELEWATKAN SARAPAN

Tubuh membutuhkan energi, setelah berpuasa selama semalaman, metabolisme Anda membutuhkan makanan. Menahan lapar, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin, dan rasa lapar distimulasi oleh hormon ini. Sedangkan yang Anda perlukan adalah hormon leptin, sebab rasa kenyang distimulasi oleh hormon ini. Ketika lapar berlebihan, akibatnya Anda akan makan-makanan yang berlebihan di siang hari. Jika aktivitas Anda hanya di dalam ruangan, kalori akan disimpan di dalam tubuh. Anda perlu membakarnya.

BACA JUGA : Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Demikian informasi mengenai Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk. Dengan mengetahui kebiasaan yang terkadang dilakukan untuk menurunkan berat badan ini, tentu sekarang anda lebih tau ternyata kebiasaany tersebut malah membuat anda menjadi lebih gemuk atau berat badan anda tidak pernah berkurang. Jadi mulai sekarang hindarilah kebiasaan-kebiasaan diatas. Semoga bermanfaat.

| Kebiasaan Sehari-Hari Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Badan Gemuk |

Posted in Kesehatan

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Menjaga kadar gula darah agar sesuai yang direkomendasikan oleh dokter memang merupakan hal yang tak mudah. Pasalnya banyak hal yang membuat kadar gula darah berubah secara tiba-tiba. Dibawah ini kami berikan beberapa Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal

Tapi sebelumnya kami ucapakan selamat datang kembali di halaman Green World Nutrimax Original yang tak lain merupakan salah satu situs Alfian Herbal, agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal yang pembuatannya tanpa menggunakan bahan kimia sedikitpun. Nikmati kenyamanan dan kepuasan berbelanja online di tempat kami dengan medapatkan layanan ‘Barang Sampai Baru Bayar‘ untuk setiap pembelian minimal 2 botol. Kami juga memberikan Garansi Uang Kembali Jika Pesanan Tidak Sampai.
Seperti yang telah disinggung diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal. Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

cara-menjaga-kadar-gula-darah-agar-selalu-normal

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal — Diabetes adalah sebuah penaykit yang disebabkan terlalu tinggi atau rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penyebab penyakit diabetes melitus antara lain adalah sel pankreas yang tak dapat bekerja dengan baik sehingga kadar gula darah tak bisa terkendali dengan alami. Padahal pankreas merupakan penghasil insulin yang brguna untuk mengendalikan kadar gula di dalam tubuh. Faktor berikutnya yang menjadi penyebab diabetes adalah keturunan atau gen.

Berdasarkan penelitian, penyakit yang satu ini belum ada obatnya dan tak dapat disembuhkan. Akan tetapi diabetes melitus dapat dikontrol dengan mengendalikan kadar gula darah tetap stabil. Bagaimana caranya? Mengatur pola makan tentu saja menempuh upaya medis (suntik insulin). Perlu diketahui bahwa kadar gula darah normal yaitu 140 mg/dl.

Kadar Gula Darah yang Normal

  1. Kadar gula darah normal sebelum makan berkisar antara 70/130 mg/dl.
  2. Kadar gula darah normal setelah puasa kurang lebih 8 jam adalah <100 mg/dl.
  3. Kadar gula darah normal setelah makan 2 jam < 180 mg/dl.
  4. Kadar gula darah normal jelang tidur berkisar antara 100-140 mg/dl.

Tanda Kekurangan Kadar Gula Darah (Hipoglikemia) :

  1. Badan lemas
  2. Kulit tampak pucat
  3. Cepat lelah
  4. Kelaparan
  5. Cemas atau gelisah
  6. Mudah marah
  7. Berkeringat
  8. Jantung berdebar-debar
  9. Kejang-kejang saat tidur
  10. Susah konsentrasi
  11. Kesemutan sekitar mulut
  12. Tidak dapat berdiri
  13. Tak dapat berjalan

Tanda Kelebihan Kadar Gula Darah (Hiperglikemia) :

  1. Badan lemas
  2. Sering buang air kecil
  3. Gelisah
  4. Nafsu makan naik
  5. Bobot tubuh turun drastis
  6. Sering mengalami infeksi pada gigi
  7. Kulit kering merah, terkadang terasa panas
  8. Penglihatan tampak buram
  9. Cepat merasa haus.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah

  • Konsumsi Makanan Yang Tepat

Mengkonsumsi makanan sehat adalah landasan hidup sehat, baik bagi penderita diabetes ataupun tidak. Bukan berarti anda harus menghindari mengkonsumsi karbohidrat atau gula ketika mencoba untuk menjaga gula darah kembali normal. Hanya saja, anda perlu asupan yang seimbang dari protein atau lemak.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah upayakan untuk mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan.  Semua makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat dapat membantu menstabilkan gula darah, terutama ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat atau gula seperti kentang, buah atau biji-bijian. Hal ini mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, membantu mengontrol nafsu makan, dan juga berperan dalam proses metabolisme dan pencernaan.

Tidak kalah penting, minum cukup air. Pasalnya air selain mencegah dehidrasi mampu membantu ginjal menghalau risiko kelebihan gula darah melalui urin.

  • Olahraga Teratur

Sudah tidak diragukan lagi jika olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga jangka pendek membantu sel-sel diotot anda mengambil lebih banyak glukosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga mempu menurunkan gula darah. Sedangkan olahraga jangka panjang akan membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan membantu mencegah resistensi.

Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sampai 60 menit dalam sehari selama 3 kali seminggu seperti berlari, bersepeda, berenang, atau hanya sekedar jalan santai. Lakukan olahraga yang anda sukai yang memungkinkan anda bergerak.

  • Kendalikan Stres

Stres yang berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat akibat peningkatan pelepasan kortisol alias hormon stres. Stres memicu siklus hormonal bagi banyak orang. Akibatnya tidak hanya membuat gula darah meningkat, namun juga cenderung membuat keinginan untuk terus terlebih makanan manis.

Penelitian telah menemukan bahwa penghilang stres alami adalah olahraga, yoga, meditasi dan menggunakan minyak esesnsial (seperti lavender, mawar dan kemenyan) yang bisa membantu penderita diabetes dan orang-orang dengan resistensi insulin bisa lebih rileks. Cara lainnya untuk menghilangkan stres adalah dengan mengahbiskan lebih banyak waktu di luar rumah, seprti bertemu dengan teman, sahabat, ataupun pasangan yang membuat susanan hati menjadi lebih baik.

  • Istirahat yang cukup

Beristirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan hal ini merupakan kebiasaan sehat yang mampu mengelola kadar hormon. Sebuah penelitian menunjukkan ketika ritme sirkadian (penentu jam biologis tubuh alami) terganggu, maka akan memicu gula darah tinggi atau meningkatkan risiko diabetes.

Tidur terlalu sedikit, akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk atau tidur pada waktu yang salah dapat mengganggu sekresi insulin. Idealnya tidur yang baik berkisar antara tujuh sampai sembilan jam per malam. Apalagi didukung dengan jadwal tidur dan bangun yang normal.

Tidur yang cukup dapat menyeimbangkan hormon, menghindari stres, dan memiliki energi yang cukup untuk berolahraga Anda atau beraktivitas pada esok harinya.

  • Rutin mengecek gula darah

Mengukur dan memantau kadar glukosa darah menggunakan glucose-meter juga dapat membantu Anda mengendalikan gula darah. Hal ini mampu mengontrol kadar gula darah pada batas normal, dan membantu Anda menentukan apakah Anda perlu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan atau obat-obatan nantinya.

Rutin mengecek gula darah juga akan membantu Anda mengetahui bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu. Cobalah mengukur kadar gula Anda setiap hari, dan pastikan jika kadar gula Anda selalu berada pada batas normal.

  • Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan akan membantu mengatur asupan kalori dalam tubuh, dan secara tidak langsung mampu menurunkan berat badan. Akibatnya, mengontrol berat badan dapat menghasilkan kadar gula darah yang sehat. Hal ini juga telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Berikut adalah beberapa tips untuk mengontrol porsi makan:

  1. Perhatikan ukuran dan berat makanan
  2. Gunakan piring yang lebih kecil
  3. Hindari  makan di restoran all-you-can-eat
  4. Baca label kandungan makanan dan lihat seberapa besar porsinya
  5. Membuat jurnal makanan
  6. Makan perlahan-lahan

Baca Juga : Sayuran Yang Bantu Membakar Lemak Dalam Tubuh

| Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Selalu Normal |